Home Kajian Tematik Inilah Surat Yang Paling Dicintai Oleh Allah Subhanahu wa Ta-ala

Inilah Surat Yang Paling Dicintai Oleh Allah Subhanahu wa Ta-ala

Ole: Ustadz Mizan Qudsiyah, Lc. M.A

1,253
0
SHARE
Inilah Surat Yang Paling Dicintai Oleh Allah Subhanahu wa Ta-ala

(foto Ilustrasi, Internet)

SahabatDakwah Semua isi Al Quran merupakan firman Allah Subhanahu wa Ta'ala yang agung dan penuh kemuliaan, namun disebutkan ada surat yang paling agung, yakni surat Al Fatihah yang disebut juga sebagai ummul Al Quran atau ibu dari Al Quran dan juga ada ayat yang paling agung, yakni ayat kursi, sebagaimana hadits Rasulullah shallallahu alaihi wassalam dibawah ini'
"Rasulullah bertanya kepada Ubay bin Ka’ab, “Ayat mana yang paling agung dalam kitabullah?” Ubay menjawab, “Ayat kursi.” Maka beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam menepuk dada Ubay kemudian berkata, “Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki.” (HR. Muslim).

Namun ada satu surat yang paling dicintai oleh Allah Subhanahu  wa Ta'ala, yakni surah al-Falaq.
Dalam sebuah hadits Rasulullah shallallahu alaihi wassalam;
"Uqbah bin Amir radhiayallahu 'anhu berkata pada Rasulullah shallallahu alaihi wassalam, 'Ya Rasulullah, bacakanlah kepadaku beberapa ayat dari surat Hud, bacakan kepadaku beberapa ayat dari surat Yusuf,'. Maka Rasulullah bersabda;'Ya Uqbah bin Amir, tidakkah engkau membacakan satu surat yang paling dicintai oleh Allah dan yang paling hebat disisi Allah selain dari surat qul a'uudzu birobbil-falaq. Kalau bisa jangan kau tinggalkan membacanya pada setiap sholat"
(Hadis ini dinilai Shahih oleh Sheikh Albani rahimahullah dan dinukil oleh al-Hafiz al-Munziri dalam kitabnya Targhib wa Tarhib)

Surat al-Falaq

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ (1) مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ (2) وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ (3) وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ (4) وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ (5)
(yang artinya) :
1. Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh,
2. dari kejahatan makhluk-Nya,
3. dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,
4. dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul ,
5. dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki”.

Terdapat banyak perbedaan pendapat mengenai arti al-Falaq. Namun Imam Bukhori dalam shohihnya mengartikan Al-Falaq dengan subuh. Dalam surat ini dijelaskan beberapa kejahatan yang mengintai manusia. yang oleh karenanya kita diperintahkan untuk meminta perlindungan kepada Allah Ta'ala sang penguasa alam.
Pada ayat 2 yang berarti “dari kejahatan makhluk-Nya” mengandung pengertian bahwa makhluk Allah Ta'ala baik dari manusia, binatang atau makhluk lainnya dengan segala yang dilakukannya terkadang menimbulkan bahaya bagi manusia. selain itu ada hal lain yang perlu diwaspadai  manusia yaitu malam dengan segala misteri di dalamnya. Dalam ayat 4 dijelaskan adanya kejahatan sihir yang menggunakan kekuatan setan untuk mengganggu manusia
.

Surat al-Falaq bersama Surat an-Naas merupakan dua buah surat yang seiring yang memiliki keutamaan sebagai pelindung dari segala marabahaya.
Nabi shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda,

أَلَمْ تَرَ آيَاتٍ أُنْزِلَتْ هَذِهِ اللَّيْلَةَ، لَمْ يُرَ مِثْلُهُنَّ قَطُّ : قُلۡ أَعُوذُ بِرَبِّ ٱلۡفَلَقِ و قُلۡ أَعُوذُ بِرَبِّ ٱلنَّاسِ
“Tidakkah kamu melihat ayat-ayat yang diturunkan pada malam ini? Tidak ada yang semisal dengannya sama sekali. Ayat-ayat tersebut adalah surat Qul a’udzu birabbil falaq dan Qul a’udzu birabbin nas.”
(HR. Muslim)

Demikianlah keutamaan surat al-Falaq, surat yang dicintai oleh Allah Subhannahu wa Ta'ala, yang merupakan sebuah pengakuan dari hamba bahwa hanya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala lah tempat meminta perlindungan dari segala gangguan, baik gangguan secara nyata maupun secara ghaib dari syaiton, jin maupun para tukang-tukang sihir.

Wallahu a'lam

[Sumber: Ceramah dari Ustadz Mizan Qudsiyah,  https://www.youtube.com/watch?v=HtWb82oBT_4]

Video Terkait: